Selasa, 04 Juni 2019

Penyemaiaan Benih Pepaya California


Penyemaian Benih Pepaya california
1. Buatlah naungan dari tinggi timur 1.5 m dan tinggi sebelah barat 1 m. dengan lebar 1.5 m dengan atap plastik tranparan. 
lalu ratakan tanah untuk menyusun polybag-polybag selanjutnya tabur furadan dengan kapur semut secara merata diatas tanah untuk menyusun polybag-polybag.
 2. Pesiapkan Media Tanah dan pupuk kandang demgan perbandingan 1 : 1 lalu campur media secara merata lalu masukkan kedalam polibag sebesar gelas aqua. lalu susun polybag-polybag yang telah di isi dengan media tanah yang sudah di persiapakan sebelumnya dengan baris 10 polybag meamanjang sepanjang naungan.
3.  Siram dengan air yang telah di campur dengan Puouk Organik Cair ( POC Hayati yang di rekomendasikan) agar terjadi treatment didalam polybag sehingga akan mematikan penyakit pengganggu benih pepaya california sampai benar benar polybag-polybag basah sampai kedasar.
4.  Persiapan Abu dapur yang sudah di haluskan  sebagai oenutup biji pepaya pada polybag-polybag.
5. Ambil Biji Pepaya yang telah di rendam selama 2 hari dengan air, letakkan biji pepaya california dengan cara membenamkan rata dengan permukaan tanah di polybag dan lalu ambil abu dengan 3 jari dan tutulkan pelan pelan pada biji pepaya sehingga agak kelihatan menggunung kecil.
Lalu siram dengan gembor bunga dengan sabar dan telaten kurang lebih 2 minggu akan tumbuh pepaya kecil... 

PERAWATAN BENIH PEPAYA CALIFORNIA.
 1. Pemupukan dengan Pupuk Organik Hayati (POC Hayati) Secara berkala 2 minggu sekali agar bibit terhindar dari penyakit busuk akar dan busum akar serta senantiasa bibit akan kelihatan hijau segar.

2. Penyiangan Galma dengan cara di cabut gulma kexil kecil di sekitar bibit pepaya agar tidak terjadi komletisi.
3. Penyemprota  dengan insectisida Convidor/lanet da  juga Fungisida serta bakterisida dan ZPT Atonik secara berkala 2 minggu sekali. Agar bibit terhidar dari  serangan hama dan penyakit.


4. Setelah bibit berdaun 5 maka saat yanv tepat untuk melakukan grading dgn indikasi daun panjang berarti bakal buah panjang dan jika daun pendek maka indikasi  bakal buah bulat. video terkait klik disini 

5. Setelah berdaun 7 - 8 helai maka bibit siap untuk di tanam


INFORMASI PENUNJANG  klik link ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar